Menjaga Produktivitas Work From Home di Era Pandemi

Sebelum adanya pandemi, Work From Home (WFH) sudah populer dikalangan masyarakat tertentu. Setelah adanya pandemi yang melanda seluruh dunia, istilah WFH mulai dikenal semua kalangan masyarakat. WFH hanya bisa dilakukan untuk sektor tertentu.

Namun adanya pandemi hampir semua sektor pekerjaan mulai menggunakan sistem WFH. Beberapa waktu yang lalu munculnya pandemi Covid-19 mampu membuat semua sektor lumpuh total. Aktivitas kembali berjalan dengan menerapkan sistem work from home di era pandemi.

Tidak mudah menerapkan sistem WFH untuk berbagai macam sektor pekerjaan. Tentu saja performa WFH tidak lebih baik dibandingkan kerja secara offline. Banyak sektor pekerjaan yang kurang efektif saat menjalankan sistem WFH.

Untuk bisa menjalankan sistem work from home di era pandemi para pekerja dituntut untuk bisa menjaga produktivitas selama WFH.

Work From Home di Era Pandemi Solusi Yang Tepat

Saat ini WFH menjadi sistem paling tepat untuk tetap beraktivitas di era pandemi. Pembatasan aktivitas yang diberlakukan pemerintah untuk menekan angka pertumbuhan Covid-19 membuat seluruh sektor terhambat.

Hampir semua jenis bidang pekerjaan mendapatkan dampak yang luar biasa. Demi bisa menjalankan bisnis, work from home di era pandemi dijalankan dengan memperhatikan beberapa hal.

Work from home merupakan aktivitas menjalankan pekerjaan dari rumah. Jika biasanya anda harus keluar bekerja, maka sistem WFH membuat anda bisa bekerja dari rumah.

Keuntungan menerapkan sistem WFH ini adalah menghemat pengeluaran untuk berangkat kerja. Sistem WFH dianggap sebagai sistem yang kurang efektif untuk beberapa sektor.

Kekurangan itulah yang membuat WFH hanya diberlakukan jika kondisi tidak memungkinkan untuk bekerja secara offline. Jika saat ini anda sedang menjalankan WFH, cobalah untuk menerapkan cara – cara untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Cara Menjaga Produktivitas Selama Work From Home

Mengerjakan pekerjaan di rumah tentu memiliki beberapa kendala yang cukup menghambat produktivitas. Kendala rasa mager mampu membuat produktivitas menurun.

Untuk bisa menjalankan sistem work from home di era pandemi secara efektif, anda bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini.

  1. Membuat Jadwal

Jika menerapkan sistem WFH kurang efektif, cobalah untuk membuat jadwal. Buatlah jadwal berdasarkan job prioritas. Dengan adanya jadwal pekerjaan tersebut anda tidak akan membuang waktu secara percuma. Mulailah untuk mengerjalan tugas berdeadline.

  1. Charge Gadget Sebelum Bekerja

Mempersiapkan gadget untuk memulai aktivitas mampu menambah semangat tersendiri. Selain itu jika terjadi pemadaman listrik secara mendadak, anda tetap bisa menjalankan pekerjaan. Pentingnya charge gadget sebelum bekerja bisa meningkatkan produktivitas.

  1. Teknik Podomoro

Teknik podomoro yaitu melakukan aktivitas dengan batasan waktu tertentu. Menjalankan aktivitas dengan waktu lama mampu menurunkan produktivitas. Cobalah untuk membuat batasan waktu untuk membuat waktu kerja lebih efektif. Sediakan waktu istirahat untuk melepaskan penat saat bekerja. Contohnya bekerja selama 60 menit dan istirahat selama 15 menit, sesuaikan dengan kebutuhan anda.

  1. Ciptakan Suasana Nyaman

Produktivitas work from home di era pandemi bisa ditingkatkan dengan menciptakan suasana nyaman. Suasan nyaman bisa dimulai dengan menentukan tempat yang nyaman. Siapkan ruangan khusus untuk tempat bekerja. Bekerja sambil menikmati secangkir kopi atau teh mampu membuat suasana lebih menyenangkan.

  1. Jaga Kesehatan

Kesehatan menjadi hal utama untuk menjaga produktivitas. Konsumsi vitamin dan makanan sehat selama bekerja. Terutama di era pandemi seperti ini, menjaga kesehatan sangat penting untuk terhindar dari Covid-19.

Menerapkan sistem WFH perlu dijalankan dengan tepat. WFH bukannya menjadi pekerjaan yang mudah melainkan mempunyai banyak tantangan.

Tidak semua pekerja menyukai sistem WFH di era pandemi ini. Karena itulah banyak pekerja yang mulai mencari cara untuk menjaga produktivitas di era pandemi.

Selain menerapkan beberapa cara di atas, meningkatkan produktivitas bisa juga diimbangi dengan meningkatkan kesehatan tubuh. Disela kesibukan pastikan anda tetap berolahraga. Olahraga dan tidur yang cukup mampu menjadi faktor utama dalam meningkatkan produktivitas.

Walaupun banyak deadline yang harus dikejar, bergadang bukanlah solusi yang tepat. Bergadang mampu menurunkan produktivitas work from home di era pandemi sehingga pekerjaan tidak selesai dengan baik.