Game Untuk Kecerdasan Otak Pada Anak

Game adalah sebuah permainan yang dimainkan dengan beberapa aturan. Bermain game bisa untuk menghibur diri sendiri maupun bersama teman. Apalagi sekarang banyak game online yang bisa di mainkan bersama teman – teman.

Walaupun begitu banyak orangtua yang melarang anaknya bermain game dengan alasan membuat anak menjadi malas. Sedangkan di sisi lain bermain game bisa untuk untuk melatih kepekaan dan reflek. Game juga bisa untuk meningkatkan kecerdasan otak, kecerdasan terutama anak .

Saat ini banyak bermunculan  game untuk kecerdasan otak anak – anak. Pengguna android bisa menemukan game tersebut melalui play store.

Bagaimana Peran Game Untuk Kecerdasan Otak

Seperti kita ketahui perkembangan optimal otak ada pada masa pertumbuhan. Sehingga kita perlu memberikan stimulus yang tepat agar otak anak bisa tumbuh optimal. Selain membaca buku kita bisa mengajak anak untuk melakukan permainan yang dapat merangsang perkembangan otak anak.

Permainan atau game dapat memberikan stimulasi motorik dan mendorong rasa keingintahuan anak dengan cara yang menyenangkan. Walaupun game untuk kecerdasan otak penting, orang tua tetap harus mendampingi anak ketika bermain game ini.

Rekomendasi Game Kecerdasan Otak

Dengan bermain game kecerdasan otak, anak akan berfikir cara untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang tak biasa. Sehingga dengan sendirinya akan meningkatkan pemikiran analitis, kreatifitas, dan pemecahan masalah.

Inilah kenapa game untuk kecerdasan otak terutama pada anak itu penting. Berikut game yang banyak digunakan untuk mengasah kecerdasan otak.

  1. Simply Smarter Kids

Game ini mengajak pengguna untuk mengingat visual yang muncul dengan urutan yang benar. Ini bisa untuk membantu meningkatkan memori baik jangka panjang maupun jangka pendek.  Game ini tidak membutuhkan pengawasan orang dewasa.

  1. Brain Fitness

Game ini melatih otak secara keseluruhan yang melatih logika, retensi informasi, dan perhatian. Brain Fitness sangat cocok sebagai game untuk  kecerdasan otak pada anak.

  1. Puzzle

Game dengan cara menyusun semua potongan di tempat yang sebenarnya. Keberhasilan menyelesaikan game ini dapat melatih koordinasi tangan, pikiran, dan mata pada anak sehingga bisa meningkatkan rasa percaya diri.

  1. Flash Card

Game ini berisikan kumpulan kartu dengan gambar beserta nama latinnya. Anak akan mengenal obyek beserta nama lokal dan latinnya dengan tanpa sadar. Sehingga game ini dapat mengasah daya ingat.

  1. Menyusun Balok

Game untuk kecerdasan otak ini bisa mengasah kecerdasan dengan cara berkreatifitas  menyusun balok menjadi bentuk apapun sesuai keinginan anak sehingga anak tidak mudah  bosan.

Anak bisa melatih kemampuan untuk mengenal bentuk, ruang, dan warna. Kita butuh waktu untuk mengenalkan game ini pada anak karena meski menyenangkan ada juga anak yang tidak menyukai game ini.

  1. Sudoku

Beberapa jenis game Sudoku yakni Sudoku Angka, Sudoku Kata -kata, Sudoku Warna, dan Sudoku Gambar. Game ini untuk melatih logika dan memecahkan masalah dengan cara yang menyenangkan.

  1. Teka – teki silang

Game ini sangat familiar dan banyak di mainkan. Game ini melatih Bahasa dan perbendaharaan  kata pada anak. Di sini anak bisa melatih mengeja, ketekunan, memecahkan masalah, dan menopang pertumbuhan konigtifnya.

  1. Congklak

Congklak adalah permainan tradisional. Bermain game untuk kecerdasan otak ini memudahkan adalam berlatih menghitung, menyusun strategi, dan melatih logika. Untuk yang baru belajar berhitung gunakan biji -bijian dengan jumlah yang sedikit.

  1. Rubik’s cube

Game ini melatih anak untuk mencocokan warna di setiap sisi kubus. Untuk pemula gunakan Rubik’s dengan ukuran  3×3 karena sisi yang harus di cocokan hanya sedikit. Karena warna -warni ini menarik perhatian anak yang memainkannya. Game ini melatih memori otot, reflek, dan kesabaran untuk menyelesaikan masalah.

Game – game di atas adalah game untuk kecerdasan otak pada anak. Meskipun ini game untuk anak jangan lupa sebagai orangtua kita tetap harus mengawasi anak saat bermain.

Orang tua bisa melihat perkembangan anak selama bermain game. Perlu di ingat saat anak bermain game orang tua harus sabar dan ikut berpartisipasi saat memainkan permainan.